Sunday, January 20, 2013

Shortcut cepat, keyboard menggantikan sebagian peran mouse

Di beberapa kasus, saya lebih suka menggunakan keyboard untuk mengoperasikan komputer saya. Sepertinya lebih karena disebabkan oleh rasa malas :-D
Berawal dari office yang bisa men-justice dengan ctrl+J, saya berfikir dan penasaran untuk mencari shortcut yang lain. Yang saya tahu dan sering saya gunakan misalnya :

*General Opr
1. Home(gambar windows) + E untuk membuka Ekplore dan menampilkan data anda. Mencari file dapat dilanjutkan dengan key up down left n right, lalu loncat dengan tab dan memilihnya dengan tombol Enter
2. Home+D untuk kembali ke dekstop. Nah kalo yang satu ini sering saya pakai sewaktu bos lewat ketika saya membuka situs yang tidak berhubungan dengan pekerjaan (hihi ketauan). Sedang membuka apapun anda, dengan memencet dua tombol tersebut, tab yang telah anda buka tidak akan tercium aromanya, apalagi hide taskbar, wah lengkap, hehe
3. Alt+Tab untuk melihat dan berpindah dari tab-tab yang telah anda buka. Khusus windows 7 aero, tab 3d dapat terlihat dengan menggunakan home+tab

*Office Word 2007
- Shift+F3 : merubah kapital huruf, misalnya dari AAA menjadi Aaa atau aaa dan sebaliknya
- Shift+key left/right/up/down : blok tulisan sebagian (kata/kalimat)
- Ctrl+key left/right : pindah kursor per kata pada satu baris
- Ctrl+key up/down : pindah kursor per baris
- Ctrl+A : mengeblok seluruh dokumen anda
- Ctrl+O : membuka directory atau file anda yang lain
- Ctrl+P : mengeprint dokumen
- Ctrl+S : menyimpan data
- Ctrl+D : untuk merubah font.

- Ctrl+F : membuka menu Find n Replace
- Ctrl+L : membuat alinea anda rata pada bagian kirinya
- Crtl+R : rata kanan
- Ctrl+E : rata tengah
- Ctrl+J : rata kiri dan kanan
- Ctrl+C : mengcopy file, dokumen asli masih ada
- Ctrl+V : paste dokumen 
- Ctrl+X : cut dokumen, setelah dipaste dokumen asli akan hilang
- Ctrl+1 : membuat alinea anda berspasi 1
- Ctrl+2 : spasi 2
- Ctrl+5 : spasi 1,5
- Alt+i : membuat huruf anda tampak italic, setelah sebelumnya diblok tentunya
- Alt+u : underline
- Alt+b : blok
- Alt+F4 : exit dokumen

Pada aplikasi yang lain, rata-rata hampir mempunyai shortcut keyboard yang mirip, kecuali Ctrl+D yang digunakan untuk menggandakan picture pada excel, powerpoint, coreldraw dan photoshop.

Sekian yang dapat saya ingat, semoga membantu.


No comments:

Post a Comment